Pengertian Desain Pemodelan Grafis
Desain Pemodelan Grafis sangatlah identik dengan karya seni, dan segala sesuatu yang bersifat seni pastinya memiliki ciri khas yang unik agar karya seni tidak bisa ada yang menirunya. Definisi Desain Grafis sendiri adalah sebuah bentuk seni lukis terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainernya untuk
bisa memilih, menciptakan, atau mengatur elemen - elemen seni rupa itu sendiri, misalnya ilustrasi,
foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan yang bisa berupa pesan moral dalam gambar, ataupun sebuah potret dari kehidupan.
Adapun Sejarah dari Desain Pemodelan Grafis yaitu;
Johannes Gutenberg pada tahun 1398-1468 menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan pada tahun 1447 dengan model
tekanan menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman yang di gunakan untuk menghasilkan anggur. Hal ini merupakan suatu pengembangan revolusioner yang
memungkinkan produksi buku secara massal dengan biaya rendah.
Kemudian pada tahun 1851, ada istilah The Great Exhibition. Event ini diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober
1851, pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya
dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran
digelar di dalam bangunan yang berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering
disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.
Kemudian pada tahun 1892, ada istilah Aristide Bruant, di buat oleh Henri Toulouse-Lautrec
Pelukis post-Impressionist dan ilustrator art nouveau Prancis. Henri
Toulouse-Lautrec melukiskan banyak sisi Paris pada abad ke sembilan
belas dalam poster dan lukisan yang menyatakan sebuah simpati terhadap
ras manusia. Walaupun lithography milik Henri ini ditemukan di Austria oleh Alois
Senefelder pada tahun 1796, Henri sangatlah membantu untuk tercapainya
peleburan industri dan seni.
Pada tahun 1910, Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari
masyarakat Barat. Sebuah fakta yang menjadi nafas dari desain modern adalah
“Form follow Function” yang di lontarkan oleh Louis Sullivan. Sebuah symbol
terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai
masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok
dengan ´bahasa mesin´, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat
ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan ´estetika mesin´
Pada tahun 1916, dikenal seseorang yang bernama Dadaisme. Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-23) yang dikembangkan
mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu
kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik.
Dadaism membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit
keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat
yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan.
Pada tahun 1916, dikenal sebuah istilah De Stijl. Sebuah gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan
pergerakan desain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama
ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat
kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi
asimetris.
Pada tahun 1918, dikenal sebuah istilah Constructivism. Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920,
yang ditandai oleh penggunaan metode industri untuk menciptakan object
geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan modern
melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur
dalam blok asimetris.
Pada tahun 1919, dikenal istilah Bauhaus. Di bawah arahan arsitek terkenal
Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus
memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni
Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.
Pada tahun 1928-1930, dikenal sebuah istilah Gill Sans. Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus
tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis
huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris
lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great
versatility).
Pada tahun 1931, dikenal seseorang yang bernama Harry Beck. Perancang grafis Harry Back (1903-1974) menciptakan peta bawah tanah
London (London Underground Map) pada tahun 1931. Sebuah pekerjaan
abstrak yang mengandung sedikit hubungan ke skala fisik. Beck memusatkan
pada kebutuhan pengguna dari bagaimana cara sampai dari satu stasiun ke
stasiun yang lain dan mereka di mana harus berganti kereta.
Pada tahun 1950, dikenal sebuah istilah International Style. International Style atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner
tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu
menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit
dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi
ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan
pribadi.
Pada tahun 1951, ada sebuah istilah Helvetica. Helvetica diciptakan oleh Max Miedinger seorang perancang dari Swiss, Helvetica
adalah salah satu tipe huruf yang paling populer dan terkenal di dunia.
Berpenampilan bersih, tanpa garis-garis tak masuk akal berdasarkan pada
huruf Akzidenz-Grotesk. Pada awalnya disebut Hass Grostesk, nama
tersebut diubah menjadi Helvetica pada tahun 1960.
Pada tahun 1960, ada istilah Psychedelia and Pop Art. Sebuah kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan
literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan
sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah
reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah
poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp
dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta
eksemplar.
Dan terakhir pada tahun 1984, ada istilah Émigré. Sbuah majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk
menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk
beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai
suatu forum untuk eksperimen tipografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar